Pembahasan kita kali ini yaitu Konsep Bisnis di Jagat Maya (e-commerce). Saat pertama kalinya internet diperkenalkan, sang pemrakarsanya tak pernah menduga bahwa efeknya nanti di kemudian hari bakal sedemikian dasyatnya. Yang terbayangkan oleh manusia sebelumnya adalah suatu globalisasi dunia fisik. Dimana batasan geografis yang membagi bumi menjadi beberapa negara akan perlahan-lahan pudar dan hilang.

Konsep Bisnis di Jagat Maya

Dan secara perlahan-lahan usaha tersebut mulai dilakukan dengan membuka perdagangan dunia seluas-luasnya, tanpa adanya proteksi pemerintah atau pihak lain yang mengatur mekanisme jual beli.

Konsep Bisnis di Jagat Maya (e-Commerce)

Perkembangan internet sudah menyebabkan terbentuknya sebuah arena baru yang biasa disebut sebagai dunia maya. Dimana tiap individu punya hak dan kemampuan buat berhubungan dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun yang menghalanginya. Globalisasi yang sesungguhnya pada dasarnya sudah terlaksana di dunia maya. Dimana di dunia maya bisa menghubungkan antar seluruh masyarakat digital atau mereka yang sering memakai internet dalam aktivitasnya setiap hari.

Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadiran internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berjualan di dunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi yang sering diistilahkan sebagai e-commerce (electronic commerce). e-Commerce adalah suatu mekanisme bisnis tersendiri yang masih seumur jagung usianya. Namun disinilah letak keistimewaannya.

Buat pertama kalinya seluruh manusia di lapisan bumi punya kesempatan dan peluang yang sama untuk bisa sukses berbisnis di dunia maya. Karena di samping “permainan” ini masih sangat baru, lahan yang belum “digarap” juga masih tersedia sedemikan luasnya. Melihat bahwa pada dasarnya fenomena berdagang di dunia maya memerlukan suatu kesadaran akan perlunya para praktisi bisnis dan manajemen untuk mengerti adanya perubahan paradigma berbisnis yang sangat mendasar.

Ketika setiap manusia telah mahir menggunakan komputer, maka masing-masing individu akan memilih untuk tinggal di negara yang paling murah, menjual produk dan jasanya melalui internet ke negara yang paling kaya, dan menyimpan uang hasil keuntungan di negara yang paling aman.

Demikian info seputar konsep bisnis di jagat maya (e-commerce), semoga post kali ini mencerahkan teman-teman semua. Tolong post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *