Di postingan ini kami akan ulas terkait dengan sejarah instagram dari awal hingga sekarang. Sejarah pencetus ide Instagram ialah perusahaan Burbn, Inc. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mabile. Tapi kedua CEO Burbn, Inc., Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih memfokuskan pada satu hal saja.

Sejarah Instagram

Sejarah Instagram

Setelah seminggu mereka mencoba untuk bikin sebuah ide yang bagus. Dan pada akhirnya mereka bikin sebuah versi pertama dari Burbn. Tapi di dalamnya masih ada beberapa poin yang belum sempurna. Versi Burbn yang telah final ialah aplikasi yang sudah bisa dipakai di dalam iPhone. Di mana isinya terlalu banyak dengan berbagai fitur.

Sulit bagi Kevin S dan Mike K buat mengurangi berbagai fitur yang ada dan memulainya lagi dari awal. Tapi akhirnya mereka cuma memfokuskan pada beberapa bagian. Yaitu foto, komentar, dan juga kemampuan buat menyukai (like) sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Instagram berasal dari definisi secara keseluruhan dari fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”. Seperti halnya pada kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga bisa menampilkan foto-foto secara instan. Seperti polaroid di dalam tampilannya.

Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”. Di mana cara kerja telegram sendiri ialah untuk mengirimkan informasi pada orang lain dengan cepat. Jadi dapat diartikan bahwa Instagram yaitu aplikasi berbagi foto dengan memakai jaringan internet. Sehingga informasi yang mau disampaikan bisa diterima dengan cepat. Oleh sebab, itulah Instagram berasal dari kata instan-telegram.

Apa Itu Instagram

Setelah tahu sejarah Instagram, lalu sebenarnya Instagram itu apa sih? Instagram merupakan layanan aplikasi berbagi foto yang pertama kali bisa diunduh di App Store pada Apple. Dan cuma pengguna iOs-lah yang bisa memakai aplikasi Instagram ini awalnya. Instagram memfasilitasi penggunanya untuk mengambil foto, mengedit foto dan menyebarkan foto yang kita unggah ke social media lainnya (Twitter. Facebook. Tumblr, Flickr).

Maka dari itu Instagram disebut juga sebagai Media Social Photo Sharing. Seiring berjalannya perkembangan dunia teknologi / digital yang makin keren, Instagram sudah dapat diunduh di perangkat android. Pada awalnya, bila kalian ingat sempat ada pro kontra antar pemakai iOs dan Android mengenai munculnya Instagram di Android. Karena disebut-sebut sebagai Aplikasi Premium di iOs. Tapi itu tak berdampak negatif, melainkan berdampak positif bagi pemakai Instagram lainnya yang tersebar di dua perangkat untuk saat ini.

Bila kita perhatikan, Instagram punya fitur unik yakni Square Feature. Yaitu dengan komposisi 1:1 dimana kita mesti mengunggah foto berbentuk persegi. Unik kan? Dan bila kita perhatikan lagi, Instagram pun punya ciri khas khusus. Yaitu dibagian filter yang pada awalnya filter-filter itu digemari oleh pemakainya sebelum ada aplikasi Photo editor lainnnya.

Beberapa efek filter Instagram yang ada pada awal sejarah Instagram baru dibuat adalah :

  • Normal,
  • Amaro,
  • Mayfair,
  • Rise,
  • Hudsan,
  • Valencia,
  • X-Pro II,
  • Sierra,
  • Willow,
  • Lo-Fi,
  • Early Bird,
  • Sutro,
  • Toaster,
  • Brannan,
  • Inkwell,
  • Walden,
  • Hefe,
  • Nashville,
  • 1977,
  • Kelvin.
Bergabungnya Instagram dengan Facebook

Instagram dikembangkan oleh Kevin S dan Mike K yang tergabung dalam perusahaan. Di mana perusahaan ini telah mereka kembangkan sendiri yaitu Burbn. Inc. Sebelum dibeli oleh Facebook, Twitter sudah menyatakan minatnya buat membeli Instagram pada tahun 2011. Tapi, pada akhirnya Kevin S bertemu dengan Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), yang melempar gagasan buat menjualnnya ke Facebook.

Kevin S dan Mike K menolak semua penawaran karena mereka berniat membangun perusahaan independen. Tapi, Mark Zuckerberg meyakinkan Kevin S, bahwa Instragram akan lebih kuat di bawah payung Facebook. Bila dibandingan beroperasi sebagai pemain independen. Zuckerberg juga mengatakan bahwa Instragram bakal berfungsi sebagai perusahaan independen di bawah Facebook. Janji yang belum pernah dibuatnya pada tiap target akuisisi lainnya.

Instagram di Indonesia

Di Indonesia, sejarah Instagram menjadi ladang bagi para online shop, ini dimulai pada tahun 2012. Ketika itu memang masih sepi, tapi lama-kelamaan sampai detik ini Instagram sudah padat karena mayoritas akun online shop semua. Indonesia memang punya potensi market (pasar) bisnis yang sangat besar. Dan kerennya lagi, anak muda Indonesia memang betul kreatif.

Instagram menjadi pilihan salah satu social media untuk para online shop Indonesia untuk mencari rejeki di sini. Uniknnya karena instagram adalah salah satu social media yang mengandalkan kekuatan foto. Jika dianalogikan sebagai ibu kota Negara, Instagram mungkin bisa dianalogikan seperti Jakarta yaitu “Padat”. Instagram mulai menjadi sarang semut untuk online shop. Kebayakan kalau banyak “ikan” di Instagram? Lantas bagaimana cara mengolahnya supaya ikan tersebut bisa ditangkap jadi “market” kita?

WOW banget gak sih? Dan pertanyaannya setelah tahu sejarah Instagram di atas adalah “Kenapa harus Instagram?” Penjelasannya bisa lanjut ke postingan berikutnya.

Mau mengerti ilmu digital marketing termasuk Instagram Marketing dan sejarah Instagram, yuk segera daftar di Komunitas SB1M.

Sekian informasi seputar sejarah instagram dari awal hingga sekarang, kami harap postingan kali ini membantu teman-teman semua. Tolong postingan instagram marketing ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Pebisnis Online yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Post not found !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *