Apa itu WhatsApp Marketing Strategi dalam Bisnis? WA Marketing bukan hanya sekedar aktivitas kirim pesan dan gambar untuk keperluan promosi bisnis di WA. Tapi lebih dari itu. WA Marketing merupakan salah satu strategi marketing menggunakan WA untuk menggiring orang yang sebelumnya tidak kenal produk Anda (pembeli). Hingga akhirnya jadi pelanggan setia bisnis Anda.

WhatsApp Marketing Strategi Powerfull

WhatsApp Marketing Strategi Powerful

Pembeli ialah orang yang membeli baru satu kali, sedangkan pelanggan yaitu mereka yang membeli berkali-kali. Tugas WhatsApp Marketing akan selesai saat Anda mendapat pelanggan dengan menggunakan media promosi WA.

Jika Anda serius menjalankan bisnis saat ini, pahamilah bahwa bisnis memerlukan pembeli dan pelanggan. Karena pembeli bawa uang. Ketika mereka melakukan transaksi, bisnis bergerak. Uang masuk, aliran kas di bisnis lancar. Kalau tidak ada pembeli maka bisnis akan lesu dan Anda pun sebagai pemilik bisnis juga akan lesu.

Tapi masalahnya pembeli dan/atau pelanggan tidak datang tiba-tiba. Pembeli dan pelanggan tidak turun dari langit dan mereka bukanlah jin yang tiba-tiba muncul. Banyak yang ingin main cepat dalam bisnis. Mereka ingin langsung dapat pembeli.

Namanya bisnis itu perlu proses, tidak bisa instan. Lalu apa proses yang harus dilewati? Yang harus Anda lewati adalah sebelum mendapatkan pembeli, maka kumpulkan terlebih dahulu calon pembelinya. Jualan itu penting. Tapi calon pembeli juga tidak kalah penting. Kalau tidak ada orang yang mau dijuali, mau jualan ke siapa? Jadi dalam jualan, yang pertama kali dilakukan adalah kumpulkan dulu calon pembelinya.

Traffic yang Bisa Anda Kendalikan

Terus apa hubungannya calon pembeli dengan WA (WhatsApp Marketing)? Ternyata mereka punya hubungan dekat. Jika Anda memiliki nomor WA calon pembeli, maka kapanpun Anda butuh mereka untuk datang ke bisnis, Anda tinggal langsung menghubungi mereka dengan pesan WhatsApp. Mau promo Anda tinggal kirim pesan ke mereka.

Mereka mau beli atau tidaak, itu terserah mereka dan Tuhan Yang Maha Kuasa saja. Dalam bisnis Online, calon pembeli disebut dengan Traffic. Selalu ingat prinsip bisnis berikut, “no traffic, no sales, no income”. Tidak ada calon pembelinya, maka tidak ada penjualan, dan juga tidak ada uang yang masuk.

Inilah alasan pertama kenapa harus pakai WhatsApp Marketing (WA). WA akan membantu promosi Anda. Kapanpun Anda mau iklan, kapanpun Anda butuh uang. Anda tinggal mengirimkan pesan ke calon pembeli yang sudah Anda simpan kontak WA-nya. Dengan memiliki nomor WA dari calon pembeli, membuat Anda bisa menghubungi mereka kapanpun.

Menaikan Conversion Rate

Tahukah Anda, dalam bisnis (online maupun offline) rata-rata target pasar tak langsung membeli produk yang ditawarkan. Pada bisnis, rata-rata conversion rate (presentase prospek yang jadi pembeli) hanya 2 persen saja. Artinya, bila ada 100 orang yang menyimak promosi Anda, maka hanya 2 orang saja yang akan beli. Lalu 98 orang lainnya kemana? Mereka hanya nyimak saja, belum mau beli.

Terus apa yang sebaiknya dilakukan? Itulah pentingnya pakai WhatsApp Marketing. Gunakan WA untuk menyimpan nomor prospek Anda yang 98 persen tersebut. Pada dasarnya orang tidak membeli karena mereka belum paham manfaat produk yang sedang ditawarkan.

Dengan WA, Anda bisa mengedukasi manfaat produk secara bertahap. Dan akhirnya, presentase closingnya meningkat, yang awalnya hanya 2 dari 100 orang, kini bisa naik hingga 10 bahkan 30 orang. Kebayang kan manfaatnya? Karena kebanyakan orang tidak membeli saat melihat iklan pertama kali. Maka yang perlu Anda lakukan yaitu mengedukasi target pasar berkali-kali.

Biaya Akusisi Pembeli

Saat bisnis mendatangkan pembeli, ada yang disebut dengan biaya akusisi (Acqusition Cost) begitupun pada Whatsapp Marketing. Apa biaya akuisisi itu? Biaya akusisi merumakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendatangkan pembeli atau pelanggan ke bisnis kita.

Dapat pembeli itu tidak Gratis. Anda harus membayar sejumlah dana atau uang, untuk mendapatkan seorang pembeli. Selain uang, untuk mendatangkan pembeli atau pelanggan Anda juga harus mengorbankan waktu. Tinggal pilih yang Anda sukai. Mau banyak berkorban uang, atau banyak berkorban waktu.

Tapi intinya mendapatkan pembeli itu tidak gratis, biaya akusisi tak bisa dihindari. Lalu kenapa kita harus memahami biaya akusis? Karena biaya akusisi ini akan memangkas profit atau keungtungan Anda baik suka atau tidak suka. Katakan Anda iklan dengan budget 100 ribu. Dengan budget 100 ribu, Anda dapat 10 pembeli. Artinya, 1 orang pembeli biaya akusisinya adalah 10 ribu. Jika profit produk Anda 15 ribu, artinya keuntungan bersih yang didapatkan berkurang dan hanya tersisa 5 ribu.

Lalu harus bagaimana? Jawabannya adalah jangan sia-siakan pembeli lama Anda. Mungkin di awal bisnis untuk mendatangkan pembeli Anda harus berkorban biaya akusisi. Namun mereka yang sudah dating ke bisnis Anda maka Anda harus simpan nomor WA-nya.

Jika Anda memiliki nomor WA pembeli / pelanggan, kedepannya Anda bisa bikin mereka kembali membeli tanpa harus mengeluarkan biaya akusisi. Untuk datangkan pembeli, tidak perlu lagi keluar uang dan/atau waktu sebab sebelumnya Anda sudah simpan kontak WA-nya. Itu artinya biaya akusisi jadi nol saat mempraktekkan whatsapp marketing pada bisnis Anda.

Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya, karena mereka sudah ada dalam genggaman tangan Anda. Biaya akusisi akan memangkas keuntungan penjualan Anda. Biaya akusisi tidak bisa di hindari, hanya bisa dikecilkan.

Aset Digital

Tidak ada media promosi yang abadi. Setiap media promosi ada pasang surutnya. Jika Anda promosi hanya mengandalkan social media, hati-hati. Saat ada beberapa orang yang mereport akun Anda, maka akun Anda akan ditutup begitu saja. Lalu bagaimana dengan pelanggan Anda di sana?

Promosi di sosial media tidak salah, kami pun melakukan hal itu. Hanya saja, jangan sepenuhnya bergantung disana. Media promosi berubah fitur, membuat pemainnya bisa berganti haluan. Selain promo dimana-mana, kumpulkan database target pasar Anda. Jika Anda punya database, bisnis Anda akan aman. Apa itu database?

Database merupakan kontak person target pasar yang bisa Anda hubungi kapanpun, contohnya adalah alamat email, no Hp, data Pixel, dll. Dengan memiliki database, Anda tak bergantung lagi dengan media promosi. Jika media promosi tersebut redup, Anda tetap bisa menghubungi mereka dengan cara lainnya sebab Anda sudah punya databasenya. Apa hubungannya database dengan WA? Untuk mengaktifkan WA dibutuhkan No. Hp. Maka sebagai media promosi, WA (Whatsapp Marketing) adalah salah satu yang Powerfull.

Menurut survey bulan Maret 2017, pengguna WA di Indonesia sudah mencapai 35,8 Juta jiwa dan 58% pengguna smartphone punya WA didalamnya. Beberapa media juga menyatakan bahwa di Indonesia, saat ini WA lebih populer dibanding LINE, BBM, dan juga Telegram. Dari data tersebut, besar kemungkinan target pasar Anda pun pengguna WA. Lagipula, WA cocok untuk semua bisnis mulai dari bisnis networking, bisnis property, bisnis fashion, bisnis kuliner, bisnis edukasi, dll.

Jadi, jika target pasar Anda adalah pengguna WA namun Anda tidak tahu cara promo di WA. Bahkan tak menggunakan WA untuk promosi, itu merupakan sebuah kesalahan fatal. Oleh karena itu mulai dari sekarang, gunakanlah WA sebagai salah satu media promosi Anda. Potensi WA sebagai media promosi sangatlah besar, karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Strategi yang Tepat maka Hasilnya Cepat

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang menganggap jualan di WA hanya gitu-gitu saja seperti sebar pesan, kirim gambar, hubungi personal, dll. Yang sebenarnya jika mau hasil yang besar (maksimal), tidak hanya sebatas itu saja. Perlu strategi yang efektif. Bagaimana strateginya? Akan dibahas di artikel berikutnya.

Sedikit gambaran kenapa WhatsApp Marketing itu powerfull

  • Memudahkan Anda promosi
  • Menaikan jumlah Closing
  • Mengecilkan Biaya akusisi
  • Memudahkan Repeat Order
  • Penggunanya banyak
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

Whatsapp Marketing merupakan sebuah proses menggiring orang yang sebelumnya tidak kenal produk Anda, sampai akhirnya jadi pelanggan setia dengan WA. Mau mengerti ilmu digital marketing termasuk WA Marketing, segera daftar di Komunitas SB1M.

Demikian info tentang whatsapp marketing strategi powerfull untuk meningkatkan penjualan, semoga artikel ini mencerahkan kalian. Tolong artikel strategi medsos marketing ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Pebisnis Online yang Sukses

Sekilas Komunitas SB1M

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Post not found !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *