Di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu whatsapp marketing dan hal-hal teknisnya. Kini akan kami bahas tentang cara mendapat kontak WA dari target pasar. Materi ini merupakan bagian dari hal teknis dari strategi WA marketing.

Mendapat Kontak WA

Mendapat Kontak WA Target Pasar

Silahkan baca baik-baik kalimat demi kalimat setelah ini. Dan jangan lupa, saat mendapatkan sebuah ide, langsung tulis ide Anda tersebut.

Teknik 1 – Social Media Marketing

Pilih sosial media atau media sosial yang paling banyak dimainkan oleh target pasar Anda. Bisa Facebook, bisa Instagram atau keduanya. Setelah tahu apa social medianya, cari public figure (artis, selebritis, dll) atau grup tempat target pasar Anda berkumpul. Lalu lihat yang paling aktif komen dan/atau like di postingan tersebut. Mereka yang eksis di postingan itu, maka mereka adalah target pasar Anda.

Add mereka menjadi teman atau bikin mereka mau follow Anda. Selain mencari target pasar di akun public figure atau grup, Anda bisa mencari menurut interest. Di setiap social media, ada menu pencarian. Ketik sesuatu yang diminati oleh target pasar Anda di menu pencarian tersebut. Setelah klik search, maka akun-akun yang muncul, itu merupakan target pasar Anda.

Setelah mereka terhubung dengan Anda, sering-seringlah untuk muncul dan berinteraksi dengan mereka. Bikin postingan yang membuat mereka kangen dan betah scroll timeline Anda. Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai Anda dikenal mereka. Indikatornya adalah postingan Anda ramai interaksi, baik itu like atau komen. Setelah sampai pada tahapan ini, arahkan mereka pelan-pelan ke WA Anda. Dengan begitu Anda akan mendapat kontak WA mereka.

Teknik 2 – Gabung ke Komunitas

Carilah komunitas-komunitas yang menjadi tempat target pasar Anda berkumpul. Boleh online, boleh juga yang offline. Di awal-awal gabung, jangan langsung sebar nomor WA Anda. Namun aktiflah di komunitas tersebut. Dan berikan manfaat ke komunitas di mana Anda bernaung itu. Setelah beberapa waktu lalu, arahkan target pasar ke WA Anda. Dengan begitu Anda akan mendapat kontak WA yang banyak dari target-target pasar.

Teknik 3 – Buat Grup

Buatlah sebuah wadah sebagai tempat target pasar Anda berkumpul. Bisa berupa grup public seperti Grup Facebook atau Grup tertutup seperti Grup Chat. Aktiflah mengisi grup tersebut dengan sesuatu yang memang bermanfaat untuk target pasar Anda. Jika manfaat yang Anda berikan berdampak untuk target pasar, maka itu akan jadi magnet. Dan akan mengundang target pasar yang lainnya untuk datang.

Yang harus diingat. Goal dari bikin grup yaitu untuk mendapat kontak WA target pasar Anda dalam jumlah yang banyak. Jadi, jika peserta grupnya sudah banyak, jangan lupa arahkan mereka (target pasar) ke WA Anda.

Teknik 4 – Referral

Prinsipnya minta orang lain untuk merekomendasikan Anda ke kenalan-kenalan mereka. Anda bisa minta tolong ke kenalan, orang tua, dan teman. Anda pun bisa bekerja sama dengan bisnis yang target pasarnya sama, namun produk yang dijual berbeda.

Misalnya Anda jualan kaos kaki dan orang lain jualan sepatu. Target pasarnya mungkin sama, nah bisa saling merekomendasikan. Mintalah tokoh atau mereka yang followernya banyak merekomendasikan produk Anda. Bila 1 orang bisa mendatangkan 5 hingga 20 kontak WA baru. Bagaimana kalau 10 orang yang melakukan hal serupa maka Anda akan mendapat kontak WA target pasar yang banyak.

Teknik 5 – Iklan

Jika 4 teknik sebelumnya itu adalah cara organik atau gratisan, maka teknik-teknik berikut merupakan cara cepatnya. Yang pertama tentu saja iklan, atau biasa disebut dengan ads baik di FB, IG, dll. Prinsipnya Anda membayar sejumlah uang, supaya pesan Anda sampai ke target pasar. Makin banyak uang yang Anda keluarkan untuk iklan, maka makin luas juga jangkauan iklannya. Diiklan tersebut, cantumkan nomor WA Anda. Dengan beriklan Anda akan mendapat kontak WA dengan mudah dan cepat.

Teknik 6 – Search Engine Optimization

Biasa disebut SEO yaitu sebuah strategi supaya kata kunci Anda nongol di pencarian pertama (page one) Google. Saat orang mencari kata kunci tersebut, maka bisa sekaligus mengarahkan mereka ke WA Anda. Materi selengkapnya mengenai SEO bisa gabung dengan komunitas SB1M.

Teknik 7 – Paid Promo

Cari akun yang jumlah followernya besar / banyak dan mungkin di follow oleh target pasar Anda. Bila mereka buka jasa promosi, maka Anda bisa meminta mereka untuk mengiklankan nomor WA Anda. Dan tentu saja ini biasanya tak gratis, kecuali jika Anda kenal dengan pemilik akunnya.

Itulah 7 strategi yang bisa dipakai supaya banyak mendapat kontak WA Target pasar Anda. Pada dasarnya, Anda hanya harus menyebar nomor WA dimana-mana. Saat ada kesempatan untuk menyebar, maka sebarlah. Anda pun dapat mencantumkan nomor WA khusus bisnis ke kartu nama, phamplet atau dimana saja.

Referensi: Pebisnis Online yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *