Setelah Anda tahu apa itu WA Marketing dan segala aspek-aspeknya. Kini kami akan membahas hal teknis promosi dengan menggunakan WA. Kami harap Anda bisa menjalankan semua hal-hal teknis di bawah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga omset bisnis Anda juga lebih optimal peningkatannya.

WA Marketing

Hal Teknis WA Marketing

Berikut beberapa hal-hal teknis terkait WA Marketing yang harus Anda lakukan :

a. Install 2 WA dalam 1 HP

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka gunakan WA sebagai media / sarana promosi. Yang mana itu artinya Anda harus memisahkan nomor WA pribadi dengan nomor WA khusus bisnis. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus install 2 WA dalam 1 HP. Bagi yang belum tahu cara install 2 WA dalam 1 HP sebagai modal untuk WA Marketing, silahkan ikuti arahan di bawah ini :

a) Cara 1 : WA Bisnis

Whats App saat ini sudah merilis WA khusus untuk bisnis. Bedanya dengan WA biasa yaitu di WA bisnis dapat memberikan sapaan otomatis. WA khusus bisnis dengan WA biasa adalah dua aplikasi yang berbeda. Itu artinya dengan install WA biasa sekaligus WA khusus bisnis, Anda memiliki 2 WA dalam 1 HP. Cari di paly store kata kuncinya WhatsApp Business. Lalu install.

b) Cara 2 : Multiple Account

Selain cara di atas, ada cara lain untuk install WA dalam 1 HP. Anda pergi ke play store. Search dengan kata kunci Multiple Account. Maka playstore akan membawa Anda ke berbagai aplikasi yang memiliki kemampuan menggandakan apilkasi.

Selain untuk menggandakan WA, aplikasi ini juga bisa untuk FB, BBM, atau aplikasi lainnya. Sehingga bisa login ke lebih dari 1 akun dalam 1 HP. Kelemahannya aplikasi-aplikasi ini adalah memakan RAM sangat besar. Jadi mungkin HP Anda akan berkurang kinerjanya bila memakai cara yang satu ini.

c. Cara 3 : Aplikasi Cloner

Selain cara kedua, ada cara terakhir. Jika sebelumnya cara-cara di atas gratisan, yang ini harus keluar uang. Buka Play Store. Install Aplikasi namanya App Cloner. Aplikasi ini juga bisa menggandakan aplikasi HP selain itu cukup ringan. Hanya saja untuk menggandakan WA, Anda perlu akses yang berbayar.

Catatan : Lakukan prosedur WA Marketing ini dengan Handphone Android Anda (Bukan BBM dan bukan iOS).

Mungkin nanti ada beberapa pertanyaan seperti “Install 2 WA dalam 1 HP wajib?”

Ini bukan wajib atau tidak, tapi dianjurkan. Terlepas dari apapun bisnis, Anda punya kehidupan pribadi. Saat bisnis makin lancar, maka pelanggan Anda akan bertambah dan terus bertambah. Tak selamanya Anda pegang nomor WA itu sendirian kan? Ada waktunya nanti Anda akan menyerahkan nomor WA ke admin atau tim. Bayangkan jika nomor WA tersebut jadi 1 dengan nomor pribadi Anda? Sampai kapanpun, Anda akan susah handle orderan sendirian.

Setelah install WA, siapkan 1 nomor HP yang enak dieja. Selain itu yang paling penting pastikan nomor tersebut aktif selama-lamanya. Kenapa harus aktif selamanya? Karena bila nomornya tak aktif, maka kontak yang telah susah payah Anda kumpulkan nantinya tak akan berguna lagi. Karena mereka hanya mengenal nomor lama Anda.

Mungkin, ada sebagian yang belum bisa install 2 WA dalam 1 HP karena terbatas kemampuan HP-nya, atau punya alasan lain. Ya sudah, kalau begitu jangan dipaksakan. Sementara 1 dulu, sambil diniatin untuk bisa install di kemudian hari.

b. Mendatangkan Calon Pembeli

Ada satu prinsip yang harus Anda pegang mulai saat ini dan seterusnya. Apa itu? Kalau Anda memakai WA untuk memasarkan produk, maka potensi penghasilan hanya sebesar jumlah kontak yang dimiliki.

Misalnya :

Anda mau target penjualan 100 sales, maka harus memiliki jumlah kontak WA di atas itu. Mengapa? Karena semua calon pembeli belum tentu jadi pembeli. Jika ingin dapat 100 sales, minimal Anda harus memiliki kontak prospek di atas 100 bukan di bawah itu. Jadi, jangan berharap mendapatkan hasil penjualan yang besar dengan jumlah prospek yang sedikit.

Dalam WA Marketing, besarnya hasil jualan hanya sebesar jumlah kontak yang Anda miliki. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk selalu menambah calon pembeli setiap waktu. Pertanyaannya, gimana caranya?

c. Mendapat Kontak WA Target Pasar

Untuk mendapatkan kontak WA ada beberapa teknik yang bisa dilakukan yaitu :

  • Teknik 1 – Social Media Marketing
  • Teknik 2 – Gabung ke Komunitas
  • Teknik 3 – Buat Grup
  • Teknik 4 – Referral
  • Teknik 5 – Iklan
  • Teknik 6 – Search Engine Optimization
  • Teknik 7 – Paid Promo

Itulah 7 strategi WA marketing yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan kontak WA target pasar.

d. Matematika Sederhana

Ngotot dan tekunlah dalam mengumpulkan kontak WA target pasar Anda sebanyak-banyaknya. Kenapa strategi WA Marketing ini harus dilakukan? Karena selain memudahkan jualan, ini juga akan berpengaruh ke penghasilan Anda.

Misal Anda berhasil mengumpulkan 100 kontak. Lalu dari seluruh kontak tersebut, Anda berhasil memperoleh 30 sales. Katakan saja setiap sales Anda untung bersih Rp 50 ribu. Maka dengan 100 kontak, Anda akan bisa memperoleh Rp 1,5 juta. Bagaimana cara agar penghasilannya meningkat?

Jawabannya adalah tambah kontaknya. Anda mungkin tak bisa membuat seluruh kontak Anda membeli. Namun bila menambah jumlah orang yang menerima pesan, maka secara tak langsung penghasilan Anda pun meningkat. Jualan ke 10 orang, itu hasilnya akan berbeda dengan jualan ke 1000 orang. Di mana semakin banyak jumlah prospeknya, semakin banyak hasilnya. Jualan adalah matematika sederhana, di mana semakin banyak jumlah prospeknya, maka makin besar hasil jualannya.

e. Prinsip Menambah Database

Ada dua cara untuk menambah database yaitu :

  • Lead Magnet
  • Produk Penetrasi

Untuk materi whatsapp marketing dan lainnya secara lengkap bisa bergabung dengan komunitas SB1M.

Demikian informasi perihal berbagai hal teknis WA Marketing yang harus dilakukan, semoga artikel kali ini membantu kalian. Tolong postingan strategi whatsapp marketing ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Pebisnis Online yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *